Minggu, 28 Oktober 2018

Cara Mengatasi Kecanduan Anak Terhadap Gadget


Bagi Anda yang memiliki anak, jangan lupa untuk selalu menjaga dan mengontrol setiap apa yang dilakukan oleh anak. Saat bermain, dan yang saat ini sudah sering menggunakan gadget. Dan penggunaan gadget yang semakin canggih, dengan kegunaan yang beragam, seperti bermain game, menonton youtube dan lain sebagaimana penggunaan yang sering dilakukan anak-anak saat menggunakan gadget.

Sebagian orang tua pasti akan memberikan yang terbaik untuk anak. Orang tua yang baik itu, tentunya tidak akan pernah menginginkan terjadinya masalah atau gangguan pada anak nya tersebut. Maka  dari itu jika anak Anda sudah terlanjur kecanduan oleh penggunaan gadget jangan lupa untuk menghindari kebiasaan itu. Dengan perlahan, namun pasti Anda harus melakukan tindakan untuk membatasi penggunaan gadget dan mengatasi kecanduan game pada anak. Tidak hanya itu penggunaan yang berlebihan juga akan membuat kerusakan dan melemahnya gadget yg semakin sering digunakan. Untuk Anda pengguna iphone, jika terjadi masalah pada lcd bisa membawanya ke jasa service lcd iphone. Adapun cara membatasi anak yang kecanduan pada penggunaan gadget.

1.Batasi Waktu Bermain Gadget

Mulailah untuk membatasi waktu bermain gadget pada anak Anda. Hal ini untuk membuat anak Anda tidak bergantung pada gadget. Dengan cara ini akan membuat anak Anda memiliki kesibukan lainnya, seperti belajar, bermain bersama teman dan lain sebagainya.

2.Berikan Kesibukan Lain Yang Lebih Bermanfaat

Anda bisa mencari tahu hobi si anak selain bermain game, Jika Anda sudah mengerti hobi yang dimiliki anak Anda sudah pasti akan lebih mudah memberikan dukungan kepada anak, seperti hobi menyanyi, bermain musik, memasak dan lain sebagainya. Karena sudah pasti dengan adanya dukungan orang tua anak lebih senang dan akan menjauh dari game karena sudah memiliki kesibukan lain yang lebih bermanfaat.


3.Perbanyak Aktivitas Nyata Anak Dengan Orangtua

Meningkatkan aktivitas anak di dalam rumah atau di luar rumah bisa menyita perhatian anak dan lupa dengan gadget. Anda bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bersepeda di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara. Lakukan kegiatan apapun yang membuat anak kembali aktif.

4.Lebih Bersikap tegas

Kecanduan gadget yang membuat anak tantrum, memang sulit dihadap. Ingat, Anda harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang baru Anda buat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan sampai Anda iba dengan rengekan anak yang ingin terus main gadget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar