Rabu, 17 Februari 2016

Langkah Tepat Update Wordpress Terbaru


Update wordpress adalah salah satu hal yang tepat untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dari wordpress, maklum wordpress adalah salah satu CMS yang paling gemar update versi terbarunya.

Wordpress versi terbaru biasanya memiliki kelebihan yang lebih baik dibanding versi lamanya, namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengupdate wordpress, karena bukan asal update saja jika Anda melakukannya dengan asal mungkin Anda akan mendapatkan beberapa kerugian.

Berikut ini adalah langkah tepat untuk update wordpress versi terbaru:

1. Timing

Pertama dan terpenting, upgrade dan update WordPress harus dilakukan pada jam off-peak Anda, yaitu waktu pada saat dimana situs Anda mendapatkan lalu lintas rendah. Contohnya Anda memiliki website konveksi kemeja yang biasanya waktu di malam hari memiliki traffic rendah (ketika orang kebanyakan sedang tidur dan sudah pulang dari tempat kerja), tapi itu tergantung pada pola lalu lintas situs Anda, Anda harus melihat terlebih dahulu di Google Analytics Anda untuk melihat kapan waktu terendah situs Anda mendapatkan kunjungan.

Kuncinya di sini adalah untuk menjalankan upgrade atau update pada situs Anda sebaiknya di lakukan pada waktu aktivitas rendah, hal ini untuk menghindari jika sesuatu berjalan tidak lancar dan terjadi masalah.

2. Back Up

Dengan mempunyai file Backup, tentu hal tersebut dapat memastikan bahwa Anda memiliki rencana tindakan sesegera mungkin ketika terjadi suatu kesalahan. Anda dapat mengembalikan situs Anda seperti semula dengan cepat dan mencari solusi tanpa harus kehilangan situs Anda dalam beberapa jam.

Back up database situs Anda. Anda dapat melakukannya melalui PHPMyAdmin atau dengan menggunakan plugin seperti backup wp. Back up tema dan plugin. Anda dapat mengambil backup manual melalui FTP client atau juga bisa menggunakan bantuan plugin.

Perlu dicatat bahwa back up folder upload (di dalam wp-content), yang sering dapat memakan waktu yang lama, jadi hal ini tidak diperlukan sebelum upgrade. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah back up database, tema dan plugin situs Wordpres Anda.

3. Caching Off

Menonaktifkan plugin caching Anda sangat di perlukan sebelum melakukan update WordPress. Plugin cache yang sering digunakan adalah W3 Total Cache, WP Super Cache, atau Quick Cache.

Silahkan matikan terlebih dahulu, karena hal ini memastikan bahwa Anda tidak caching halaman pemeliharaan selama update dan tidak sebaliknya mengganggu proses update.


4. Update Plugin dan FrameWork Theme


Seringkali, update WordPress disertai dengan update plugin dan tema. Pengembang biasanya memiliki head yang akan datang ketika update WordPress dan dengan dveloper akan tahu dan segera membuat plugin dan tema mereka kompatibel dan siap ketika updateWordpress baru dirilis.

Silahkan Perbarui semua plugin dan tema sebelum upgrade WordPress.

5. Update Wordpress

Pada langkah ke 5 ini, sekaranglah saatnya untuk melakukan update atau upgrade WordPress itu sendiri! Cukup klik tombol upgrade otomatis dan biarkan WordPress melakukan hal tersebut.

Kadang-kadang dapat mengambil beberapa detik untuk menyelesaikan, tunggu sampai proses update selesai dalam waktu beberapa detik sampai proses berjalan selesai dengan lancar.

6. Aktifkan Caching Plugin

Mengaktifkan Plugin caching dan membersihkan semua cache.

Jika Anda menggunakan W3 Total Cache atau plugin cahce lainnya dan tidak memiliki konfigurasi yang disesuaikan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengaktifkan kembali Cache Anda dan memperbarui pengaturan Cache ke pengaturan semula.

7. Check Situs Anda

Luangkan waktu sebentar untuk melihat perubahan pada situs Anda dan membuka beberapa halaman dan posting. Jika sesuatu tidak bekerja dengan baik, segera cari penyebab kesalahan tersebut dan segera mencari solusi agar situs Anda berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar