Senin, 11 November 2019

Manfaat Akuntansi Dalam Perkembangan Usaha


Akuntansi merupakan suatu proses pencatatan, meringkas, dan menyajikan data keuangan, transaksi serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan dan mudah di mengerti untuk mengambil suatu keputusan serta tujuan lainnya. Fungsi utama dari akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Saat ini mengelola keuangan bisa lebih mudah jika menggunakan program akuntansi yang berkualitas. Dari hasil laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan tersebut beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan khususnya oleh pihak manajer atau manajemen untuk membantu membuat keputusan.

Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan modal, dan laporan neraca pada suatu organisasi ataupun perusahaan. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan atau organisasi, nama laporan yang dibuat, dan tanggal penyusunan untuk memudahkan orang lain dalam memahaminya. Akuntasi memiliki manfaat dalam perkembangan suatu usaha, berikut ini manfaatnya.

1. Sebagai Alat Evaluasi Perusahaan

Dari semua laporan keuangan yang sudah dibuat perusahaan, maka laporan tersebut akan memberikan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Dari laporan tersebut, pemimpin perusahaan akan mengevaluasi dan menilai lebih dalam lagi kinerja bisnis yang dijalankan dan dari laporan itu juga, pemimpin perusahaan dapat mengidentifikasi masalah keuangan yang ada diperusahaan.

2. Sebagai Pengontrol dan Pngendali Keuangan

Akuntansi berperan sebagai pengontol dan pengendali keuangan suatu perusahaan. Akuntansi dapat memberikan informasi pengelolaan dana seperti laba yang dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan, karena itu secara tidak langsung akuntansi berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan.

3. Meningkatkan Produktifitas

Melalui laporan keuangan perusahaan yang terencana, maka produktifitas perusahaan bisa terus meningkat. Dalam meningkatkan produktifitas dapat dilakukan dengan membuat perencanaan biaya untuk produktifitas bisnis. Perencanaan keuangan memang penting untuk dilakukan agar keuangan perusahaan tetap stabil.

4. Sebagai Cara Pengalokasian Sumber Daya

Sumber daya seperti modal yang diinvestasikan dengan tepat tentunya dapat menghasilkan laba usaha yang bermanfaat untuk perusahaan. Pengalokasian sumber daya bisa dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.  Jumlah modal untuk dialokasikan bisa dilihat melalui laporan akuntansi perusahaan.

Nah, itulah beberapa manfaat akuntansi dalam perkembangan usaha yang bisa kamu jadikan pengetahuan atau wawasan baru. Baik perusahaan kecil, sedang, maupun besar harus memakai akuntansi untuk pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan agar tidak terjadi kerugian pada usaha yang dijalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar