Kamis, 21 November 2019

Tips Mengendarai Mobil Matic Di Jalan Menanjak Agar Tetap Aman


Mengendarai mobil matic di jalan yang menanjak memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan mengemudi pada jalanan yang datar. Kondisi jalanan yang curam, akan membuat kita harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan kita juga harus lebih cermat dalam memperkirakan kekuatan mesin mobil saat melaju di jalan yang menanjak. Terlebih lagi jika sedang macet di jalanan yang menanjak, kemampuan mengemudi yang baik saat ditanjakan sangat diperlukan agar mobil bisa mempertahankan posisinya dan tidak menabrak mobil lain yang berada di belakangnya.

Ketika mengemudikan mobil matic di jalanan yang menanjak kita harus mengetahui dan memahami teknik mengemudi seperti apa yang harus dilakukan. Selain teknik mengemudi, kondisi mobil yang digunakan juga harus dalam kondisi yang prima. Untuk itu, Anda harus selalu merawat mebil tersebut di bengkel mercy jakarta timur secara berkala agar kondisi mobil Anda tetap dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan. Saat Anda akan melewati jalanan yang menanjak menggunakan mobil matic, Anda bisa melihat tips berikut ini.

1. Gunakan Opsi Over Drive (D/O)

Opsi over drive merupakan opsi yang ada pada transmisi otomatis. Opsi over drive ini digunakan ketika mesin mobil membutuhkan putaran mesin yang lebih tinggi, khususnya pada saat mobil melaju di jalanan yang menanjak dan pada saat mobil akan mendahului kendaraan lain.

2. Peganglah Setir Mobil Dengan Benar

Cara memegang setir mobil matic yang benar adalah dengan cara genggam ujung tuas yang berbentuk benjolan dengan dua ruas bawah dari jari telunjuk dan tengah. kemudian apitkan jari tangan lainnya di bagian kanan dan kiri, lakukanlah hal tersebut dengan rileks dan tenang agar perjalanan Anda bisa aman sampai tujuan.

3. Atur Tuas Transmisi Sesuai Dengan Kondisi Jalan yang Dilewati

Jika Anda akan melewati jalanan yang menanjak, tidak cukup hanya dengan menggunakan mode D saja. Tetapi Anda juga harus menggunakan transmisi D2 agar dapat melewati tanjakan tersebut dengan mudah. Selain itu, jika tanjakan yang Anda lewati lebih curam, Anda bisa menggunakan transmisi D1. Mode ini bisa digunakan untuk jalanan yang sangat curam.

4. Jangan Injak Rem Pada Saat Pindah Tuas dari D ke D2 atau D1

Hindari penggunaan rem yang terlalu dalam atau tidak sama sekali pada saat akan pindah tuas darI D ke posisi D2 atau D1. Anda hanya perlu menekan tombol yang ada pada tuas persneling untuk dapat memindahkan tuas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar