Jumat, 15 November 2019

Tips Melakukan Selancar (Surfing) Bagi Pemula


Selancar (Surfing) merupakan sebuah olahraga yang hanya bisa dimainkan di pantai yang mempunyai ombak tinggi. Olahraga ini dimainkan menggunakan sebuah papan sebagai alat untuk berselancar diatas ombak. Papan tersebut digerakan oleh arus ombak, namum arahnya dikendalikan peselancar. Olahraga ini dapat memacu adrenaline kita, karena kita dipaksa untuk bisa mengarahkan papan sekaligus untuk menjaga keseimbangan tubuh. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang extreme dan memiliki resiko yang tinggi, akan tetapi olahraga ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Saat ingin melakukan selancar, tentunya kita harus mendatangi tempat yang memang di khususkan untuk berselacar. Ketika melakukan perjalanan ketempat berselancar, akan lebih baik Anda menggunakan mobil sewaan dari rental toyota hiace jakarta karena mobil yang disewakan di tempat rental ini miliki ukuran yang besar. Sehingga semua kebutuhan untuk berselancar Anda dapat di bawa tanpa ada yang tertinggal. Bagi Anda yang ingin melamukan selancar, tapi belum pernah melakukannya sama sekali. Anda bisa melihat tips melakukan selancar bagi pemula yang dapat Anda coba lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Surfing

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika bermain selancar adalah dengan melakukan pemanasan. Hal ini menjadi salah satu hal yang penting dalam setiap melukukan olahraga apapun termasuk surfing. Dengan melakukan pemanasan akan membuat otot tubuh kita menjadi lentur sehingga dapat terhindar dari terjadinya keram terutama pada bagian kaki dan tangan.

2. Belajarlah Mendayung di Atas Papan Selancar

Setiap orang yang baru pertama kali melakukan surfing, sangat dianjurkan untuk melakukan latihan mendayung diatas papan selancar di pinggir pantai terlebih dahulu. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menumbuhkan sikap percaya diri Anda saat berselancar di laut.

3. Jangan Panik

Ketika jatuh ke air pada saat surfing, usahakan untuk tidak panik. Karena jika Anda panik di dalam air, itu hanya akan memperburuk keadaan saja. Ketika Anda jatuh, yang pertama harus Anda lakukan adalah meraih tali yang menyatu dengan papan surfing. Tali ini biasanya diletakan di kaki, dengan manarik tali ini maka papan akan menghampiri Anda dan usahakan untuk naik ke papan secara perlahan.

4. Mengenal Karakteristik Ombak Sebelum Berselancar

Peselancar sebaiknya mengenali karakteristik ombak yang akan dilalui saat berselancar. Misalnya, apabila ombak mempunyai gelombang yang miring dan terlihat lemah. Anda dianjurkan memakai Teknik kayuhan dengan sudut sebelah kanan dan kiri. Dengan menggunakan teknik tersebut, maka Anda dapat tetap ada di depan ombak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar