Jumat, 01 November 2019

Tips Membuat Vlog Yang Menarik Bagi Pemula


Vlog atau video blog adalah catatan pribadi dalam bentuk video yang diperbaharui dan diperlihatkan secara umum. Lebih lengkapnya vlog termasuk dalam suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas sumber media utamanya yakni menggunakan penggunaan teks atau audio, yang mempunyai tema tertentu dan dikemas dalam konsep dokumtasi jurnalistik dan dimuat dalam sebuah website.
Saat ini vlog sedang populer di kalangan masyarakat dan banyak digemari oleh orang-orang. Biasanya vlog berisi ketertarikan, opini, pikiran ataupun kegiatan sehari-hari, hampir mirip dengan tanyangan televisi. Vlog di rekam dengan menggunakan kamera atau bisa juga menggunakan handphone. Ketika menggunakan handphone secara terus menerus untuk merekan vlog, itu bisa menyebabkan handphone mudah rusak baik bagian dalam handphone maupun bagian lcdnya. Untuk itu ketika layar lcd handphone kamu rusak segera bawalah ke service lcd iphone agar cepat diperbaiki. Bagi kamu yang ingin mulai membuat sebuah vlog, berikut ini beberapa tips membuat vlog yang menarik bagi pemula.

1. Membuat Rencana

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat sebuah vlog adalah membuat rencana yang harus dilakukan sejak awal. Siapkan kertas dan pena atau sebuah laptop untuk melakukan beberapa brainstorming dan menulis beberapa perencanaan. Tanyakan beberapa pertanyaan penting mengenai vlog dan jawablah dengan yakin.

2. Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Mungkin banyak orang yang berfikir bahwa membuat sebuah vlog memerlukan peralatan yang banyak, namun pada kenyataannya pada saat ini membuat sebuah vlog bisa menggunakan sebuah ponsel saja. Dengan catatan kamera ponsel tersebut harus memiliki kualitas yang baik.

3. Pilihlah judul yang menarik

Judul yang menarik bisa menjadi salah satu alasan penonton untuk menonton video kamu. Membuat judul vlog yang menarik adalah bisa menggunakan momen penting yang ada di dalam vlog kamu atau rangkuman semua aktivitas yang kamu lakukan dalam vlog.

4. Durasi

Walaupun kamu hanya berbicara sendiri di depan kamera, namun kamu harus seperti berbicara langsung kepada teman atau penonton. Untuk itu, gunakanlah bahasa sehari-hari agar mudah di mengerti oleh banyak orang.

5. Lakukan Pengambilan Gambar, Editing, dan Unggah Video

Dalam melakukan pengambilan gambar, perhatikan pencahayaan yang baik, sudut pengambilan gaambar, dan lainnya. Saat proses editing kamu bisa menggunakan berbagai software yang mudah digunakan. Bagi kamu yang menggunakan handphone sebagai sarana vlogging, kamu masih bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk membantu memudahkan kamu dalam mengedit video yang akan kamu unggah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar